Bulan Depan Hampir Pasti Resesi

Bulan Depan Hampir Pasti Resesi

JAKARTA - Resesi hampir pasti dialami Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan Indonesia akan resmi mengalami resesi bulan depan. Sebab dia meyakini pertumbuhan ekonomi di kuartal III 2020 akan kembali negatif.

Pada kuartal II-2020 ekonomi Indonesia sudah -5,32%. Sementara di kuartal III-2020 yang berakhir di bulan ini diprediksi oleh Sri Mulyani akan minus 1,7% sampai minus 0,6%. Jika prediksi itu benar maka RI resmi resesi.

Sri Mulyani mengatakan, pihak Kementerian Keuangan melakukan update proyeksi perekonomian Indonesia untuk tahun 2020 secara keseluruhan menjadi minus 1,7% sampai minus 0,6%.

Baca Juga: Maklumat Sultan Sepuh: Pasar Malam Muludan Ditiadakan

\"Forecast terbaru kita pada September untuk 2020 adalah minus 1,7% sampai minus 0,6%. Ini artinya, negatif territory kemungkinan terjadi pada kuartal 3,\" kata Sri Mulyani dalam video conference APBN KiTa, Selasa (22/9/2020).

Realisasi pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal II-2020 minus 5,32%. Resesi akan terjadi jika pertumbuhan ekonomi nasional kembali negatif di kuartal berikutnya. Resesi adalah kondisi di mana pertumbuhan ekonomi minus dua kuartal berturut-turut. (yud)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: